Kacau! Pantai Keren Ini Jadi Markas Gelandangan

Pernah memiliki predikat pantai termahal sejagat, Pantai Venice di Amerika Serikat (AS), kini menunjukkan penampakan yang berbeda. Pantai yang berlokasi di Los Angeles, California itu sekarang menjadi tempat berkumpul orang-orang yang tak memiliki tempat tinggal..

Sampah sisa makanan berhamburan di sembarang tempat, kotoran manusia yang terdapat di jalan, deretan tenda dome dan tumpukan barang yang ditutup terpal menjadi pemandangan lumrah di Pantai Venice.

"Saya tidak bisa berjalan-jalan dengan anjing saya atau bersepeda di sepanjang jalur sepeda Pantai Venice lagi," kata salah satu penduduk Venesia, Heather Sullivan.

Trotoar yang dulu menjadi tempat jalan-jalan turis dan warga, tempat mangkal tukang tarot, pembuat tato, dan seniman, kini bukan lagi tempat aman dan nyaman. Dilansir dari Daily Mail, bahkan bukan cuma satu atau dua jarum suntik bekas ditemukan di pasir-pasir pantai.

"Ada kekerasan, teriakan, perkelahian, dan pemakaian narkoba secara terbuka, bekas jarum suntik berserakan di tanah," kata seorang ibu muda yang tidak mau disebutkan namanya.

Bahkan data pada tahun 2014 menunjukkan sebanyak 175 orang yang hidup di tenda dan dalam kurun waktu lima tahun kemudian, angka itu mencapai lebih dari 1.200. Kepolisian mencatat kejahatan oleh tunawisma meningkat sebesar 31 persen di Venice selama setahun terakhir. Korban kejahatan tunawisma meningkat 83 persen dalam periode yang sama.