Cara Mengontrol Nafsu Makan, Agar Diet Lo Gak Berakhir Sia-sia

Tebsholic, lo pernah ga sih lagi niat untuk diet tapi sering berakhir gagal karena rasa lapar yang datang tanpa bisa dikendalikan? Apa lo mau tahu cara menurunkan berat badan tanpa harus merasa sangat lapar? Atau jangan-jangan lo merasa bahwa diet adalah suatu hal yang tidak mungkin bisa dilakukan?

Tenang saja, ternyata diet gak sesusah itu kok. Elo tetap bisa menurunkan berat badan dengan selalu merasa kenyang. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel berikut!

1. Konsumsi air mineral sebelum makan.

Sebuah penelitian dari European Journal of Nutrition menunjukkan kalau orang yang meminum air mineral sebanyak 568 mililiter sesaat sebelum makan, hanya mengonsumsi makanan sekitar 1967 kJ. Sementara itu, orang yang gak meminum air sama sekali, akhirnya mengonsumsi sekitar 2551 kJ.

Dari data di atas, terbukti kalau minum air putih bisa mengurangi asupan kalori saat makan. Hal ini bisa memperlancar proses diet lo, karena air menimbulkan ilusi rasa kenyang yang sama dengan porsi makan yang lebih sedikit. Selain itu, lo juga harus memastikan agar tidak mengalami dehidrasi, agar tubuh lo gak "panik" dan mengirim sinyal lapar palsu yang berpotensi merusak kelangsungan diet.

2. Jangan makan terburu-buru.

Dilansir dari Healthline, orang yang makan dengan terburu-buru bakalan mengonsumsi 10 persen lebih banyak kalori dengan rasa kenyang yang jauh lebih sedikit daripada orang yang makan secara perlahan. Kenapa demikian?

Ternyata makan secara perlahan dapat memberi lebih banyak waktu pada otak dan tubuh lo untuk melepaskan "hormon antilapar" dan menyampaikan "sinyal kenyang".

3. Rutin berolahraga.

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga memiliki banyak dampak positif. Dilansir Healthline, olahraga dapat mengurangi aktivitas otak terkait dengan mengidam makanan. Aktivitas ini juga berpotensi mengurangi kadar hormon rasa lapar, sehingga keinginan untuk makan menjadi lebih rendah.