6 Tips Jalan ke Eropa Ala Backpacker Setelah Pandemi Selesai

Keadaan pandemi membuat tebsholic harus tinggal di rumah dan tidak banyak aktivitas di luar rumah. Hal ini membuat sebagian orang jenuh dan merencanakan jalan-jalan jauh ketika pandemi selesai. Salah satu destinasi favorit yang banyak dipilih untuk bepergian jauh adalah Eropa.

Mau jalan-jalan asik ke Eropa tapi gak keluar biaya terlalu banyak? Tebsholic bisa coba   alternatif traveling ala backpacker. Memang untuk pilihan transportasi dan akomodasi dan biaya kulinernya pun disesuaikan dengan yang bujetnya hemat. 

Biar perjalanan ala backpacker tetap seru dan berkesan, tentunya tidak bisa asal-asalan. Butuh perencanaan matang jauh-jauh hari supaya dalam liburan itu tebsholic tetap nyaman. Berikut adalah beberapa tips yang dapat tebsholic lakukan untuk liburan ke Eropa ala backpacker.

Kumpulkanlah informasi

Hal pertama yang harus tebsholic lakukan adalah mengumpulkan banyak informasi seputar destinasi yang akan kamu kunjungi. Mulai dari kebudayaan, kebiasaan, spot-spot yang akan kamu datangi, hingga transportasi yang digunakan untuk mengunjunginya.

Semakin banyak informasi yang tebsholic kumpulkan, tebsholic akan semakin pede melakukan backpacking ke lokasi tersebut. Namun setelah berada di lokasi, tebsholic jangan malu untuk bertanya jika merasa kebingungan.

 

Buat Itinerary ala Backpacker

Setelah mendapat banyak informasi tentang lokasi yang akan tebsholic kunjungi, buatlah itinerary lengkapnya. Dari maskapai penerbangan yang akan tebsholic gunakan, lokasi yang akan tebsholic kunjungi, spot kulinernya, dan berbagai aktivitas yang akan tebsholic lakukan di lokasi.

Dengan melakukan ini, tebsholic bisa mengontrol pengeluaran. Selain itu, tebsholic juga memiliki cukup waktu untuk melakukan berbagai kegiatan yang ingin tebsholic lakukan dengan alokasi waktu liburan yang tebsholic rencanakan. 

 

Berburu Tiket Transportasi Murah

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum menuju Eropa adalah tiket pesawat. Carilah dengan teliti maskapai mana yang menawarkan tiket dengan harga murah untuk menuju lokasi yang kamu inginkan. 

tebsholic bisa mencari tanggal tertentu yang menawarkan harga tiket murah. Bisa juga dengan mengunjungi travel fair yang kerap kali menawarkan harga miring untuk melancong ke Eropa.

Tak Perlu Menginap di Hotel

Tak perlu menginap di hotel, apalagi hotel berbintang jika budget tebsholic terbatas. Cari lah hostel atau homestay yang harganya lebih terjangkau. Kalau tebsholic punya kenalan di negara yang akan tebsholic kunjungi, tanyalah kemungkinan tebsholic menginap di tempatnya. 

Selain dapat menghemat pengeluaran, menginap di homestay atau kediaman penduduk setempat dapat memberi pengalaman lebih menyenangkan. Tebsholic jadi lebih dapat merasakan kehidupan masyarakat setempat di negara yang kamu kunjungi. 

 

Pilihan Kuliner  

Memilih dan memilah kuliner juga penting untuk melakukan backpacking di Eropa. Sebab dengan demikian, tebsholic bisa melakukan banyak penghematan karena harga makanan dan minuman di Eropa pun terbilang lumayan mahal.

Hal ini tak berarti membatasi tebsholic untuk melakukan wisata kuliner. Sebab merasakan kuliner lokal juga dapat membuat pengalaman liburan tebsholic lebih berwarna. Namun, pilihlah lokasi yang menjual makanan dengan harga hemat yang tebsholic incar. 

Jika tebsholic tak mempersoalkan jenis makanan, tebsholic bisa mencari makanan yang dijual dengan harga murah. Namun telitilah komposisi makanan sebelum membeli, karena tak semua cita rasa makanan Eropa cocok di lidah kita yang setiap hari mencicipi makanan Indonesia.

 

Berhati-Hati

Jangan pikir karena negara maju, tak ada kejahatan di Eropa. Bahkan beberapa negara bisa berbahaya, apalagi bagi wisatawan yang terlihat kebingungan.  Karena itu siapkan segala sesuatunya dengan baik dan tetap waspada. Beberapa lokasi di sejumlah negara Eropa memiliki catatan buruk ihwal pencurian dan penipuan. Usahakan jaga barang bawaan dengan baik dan tak menunjukkan barang berharga di depan umum. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mau liburan ke Eropa ala backpacker. Meski dengan bujet minim, tebsholic bisa menikmati momen jalan-jalan yang berkesan. Semoga pandemi covid-19 cepat selesai, ya.