Keren sekaligus Go Green

Dengan modelnya yang timeless, sepatu seri Chuck Taylor buatan Converse kerap menjadi go-to sneakers di berbagai momen seru. Tentunya bukan lo saja yang berpikiran serupa. Nggak heran kalau dalam sehari, Converse bisa menjual lebih dari 270.000 pasang sepatu seri Chuck Taylor mereka. Kalau ditotal, dalam setahun angka tersebut bisa mencapai 100 juta pasang!

Bisa dibayangkan betapa banyak sampah industri yang dihasilkan, kan? Itulah kenapa Converse akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah go green dalam proses produksi mereka. Yes, Converse bakal menggunakan sampah botol bekas untuk memproduksi sneakers!

Converse menamakan sneakers berbahan plastik daur ulang ini sebagai Converse Renew Canvas. Chuck Taylor All Stars dan Chuck 70 bakal menjadi seri pertama yang produksinya menerapkan metode baru ini. Nantinya, botol plastik bekas akan didaur ulang menjadi benang polyester untuk diproses menjadi bagian atas atau upper sepatu. Nggak hanya itu, benang polyester tersebut juga bakal dirancang sedemikian rupa dengan kanvas katun yang biasanya dipakai untuk memproduksi Chuck Taylor.

Tenang saja, walaupun terbuat dari daur ulang botol plastik, bahan “kanvas” tersebut masih tampak sama dengan bahan kanvas asli. Bahkan feel-nya pun masih akan sama ketika lo kenakan. Selain bagian upper dan kanvas, daur ulang plastik bekas juga bakal dimanfaatkan untuk membuat tali sepatu serta jahitan yang membentuk tulisan Converse dan lambang bintang. Nah, berhubung mengusung konsep yang dekat dengan lingkungan, nantinya sepatu-sepatu hasil daur ulang plastik ini pun bakal hadir dalam warna-warna khas alam. Di antaranya adalah Ozone Blue, Moss Green, Pale Putty, Wheat, Black, dan Jade Stone.

Converse sepertinya nggak hanya berhenti pada pemanfaatan daur ulang plastik untuk pembuatan produk mereka. Rencananya, mereka juga bakal meluncurkan produk bertajuk Renew Denim, yang diproduksi menggunakan daur ulang bahan denim. Selain itu, ada pula produk Renew Cotton yang terbuat dari kanvas katun buangan pabrik. Kanvas katun ini bakal didaur ulang menjadi benang komposit berbahan 40% katun daur ulang dan polyester.

Langkah Converse dalam memanfaatkan plastik untuk produksi sneakers patut diacungi jempol, Tebsholic. Semoga ke depannya bakal ada lebih banyak brand yang mengikuti jejak Converse tersebut.