5 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Rumah yang Terkena Banjir!

Tebsholic, seperti yang kita ketahui jika hujan deras melanda sejumlah wilayah di Indonesia sejak malam pergantian tahun 2020 kemarin. Hal ini juga membuat beberapa wilayah termasuk Jabodetabek terkena dampak banjir yang cukup parah dan juga menimbulkan beberapa kerusakan pada hunian atau rumah yang terkena dampak langsung dari bencana banjir tersebut. Namun jika banjir sudah mulai surut segeralah lakukan 5 hal berikut!

 

1. Memeriksa Sekitar Rumah

 

Hal ini penting untuk dilakukan agar kita mengetahui keadaan rumah setelah terkena banjir seperti memeriksa aliran listrik, mengantisipasi binatang yang terbawa banjir (Ular, kecoa, dll), serta memeriksa barang elektronik yang ditakutkan terkena konsleting akibat terendam banjir.

 

2. Evakuasi Barang-barang yang Masih Bisa Digunakan

 

Banjir tentu saja memberikan kerusakan pada perabotan atau barang-barang di rumah anda, untuk itu pilihlah barang yang masih bisa atau layak untuk digunakan dan singkirkan barang-barang yang keadaannya cukup parah karena dimungkinkan terkontaminasi dengan kotoran dari dampak banjir tersebut dan tidak bisa digunakan lagi.

 

3. Membersihkan Rumah

 

Bersihkan rumah menggunakan pembersih antiseptic untuk membunuh kuman dan penyakit, serta jangan lupa menggunakan masker dan sarung tangan agar tidak terjangkit kuman.

 

4. Membersihkan perlengkapan makanan dan bahan makanan

 

Perlengkapan makanan juga merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan kebersihannya karena itu merupakan alat yang digunakan setiap hari. Bersihkan perlengkapan makanan tersebut sampai benar-benar bersih menggunakan sabun antiseptic.

Selain itu, perhatikan juga bahan-bahan makanan dirumah anda. Langsung singkirkan makanan-makanan yang mudah rusak dan basi.

 

5. Cuci Pakaian dua kali

 

Jika anda memiliki pakaian yang masih layak dipakai yang terkena banjir, cucilah pakaian tersebut sebanyak dua kali atau lebih untuk memastikan kuman dalam pakaian tersebut benar-benar hilang.

 

Itu dia 5 Tips yang dapat dilakukan untuk menangani rumah kalian setelah terkena dampak banjir, stay safe yaa Tebsholic!