Tolak Penyakit dengan Menggunakan Masker Penutup Hidung dengan Benar

Tebsholic, akhir-akhir banyak virus berbahaya yang semakin menyebar dan memakan korban baru setiap harinya. Untuk mencegah tertular virus ini, masyarakat dunia dihimbau untuk selalu memakai masker ketika berada di luar rumah. Namun, masih banyak perdebatan tentang penggunaan masker yang benar.

Dulu terdapat rumor bahwa sisi masker yang berwarna (biasanya biru atau hijau) dipasang di luar jika ingin mencegah virus dan debu terhirup oleh kita, sedangan sisi putih dipasang di luar jika ingin mencegah kita menularkan virus pada orang di sekitar kita. Namun, cara ini dinilai hoax. Lalu seperti apa seharusnya kita memakai masker yang sering dikenal dengan masker bedah ini?

Menurut Wakil Direktur Pusat Kolaborasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Seto Wing Hong, sisi masker yang berwarna merupakan sisi yang anti air (waterproof), sedangkan bagian berwarna putih merupakan penyerap.

            Berikut ini Tebs rangkum tahap menggunakan masker penutup hidung yang benar!

1. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau gel pembersih (sebaiknya beralkohol) sebelum memasang masker.

2. Selalu gunakan sisi yang berwarna di luar, dengan kawat berada di atas. Karena posisi ini memiliki lipatan-lipatan berbentuk kantong yang menghadap ke bawah, sehingga debu dan virus yang menempel tidak akan tertampung dalam kantong-kantong lipatan tersebut. Sisi berwarna putih harus berada di dalam karena jika di luar dengan posisi kawat di atas, akan terbentuk kantong lipatan yang menghadap ke atas sehingga bisa menampung debu dan virus yang menempel di masker.

3. Gunakan masker dengan menempelkan kawat masker sangat rapat dan mengikuti bentuk hidung, lalu lebarkan bagian bawah masker yang tidak berkawat hingga ke dagu. Usahakan jangan ada celah.

4. Kaitkan karet ke telinga. Jika masker menggunakan tali,Tarik bagian bawah masker menutupi seluruh hidung dan dagu lalu ikat kencang masker tersebut.

5. Selalu anggap masker adalah benda kotor. Jadi setelah selesai dipakai seharian, lepas masker tanpa menyentuh kainnya lalu buang di tempat sampah.

6. Cuci tangan kembali dengan sabun atau gel pembersih (sebaiknya beralkohol) setelah membuang masker tersebut.

Itu dia tips pemakaian masker yang benar Tebsholic, selalu jaga kesehatan yaa!