Kenali PDP, ODP, dan Istilah Terkait Lainnya

Terkait pandemi Corona yang melanda dunia, ada baiknya kita mengenali beberapa istilah yang sering digunakan agar menjadi lebih paham dan dapat membedakannya

1. ODP (Orang Dalam Pemantauan)

Orang dalam kategori ODP adalah orang yang memliki riwayat perjalanan ke negara lain yang merupakan pusat penyebaran virus corona, serta bila orang tersebut pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif corona, tapi belum menunjukkan gejala sakit.

2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)

Orang yang masuk ke dalam kategori ini sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas, serta sempat melakukan kontak fisik dengan penderita positif Corona.

3. Suspect

Jika sudah menjadi suspect, maka orang tersebut diduga kuat terjangkit infeksi COVID-19, dengan menunjukkan gejala virus corona dan pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif corona. Pasien yang masuk dalam kategori ini akan diperiksa menggunakan 2 metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing, untuk melihat status infeksi corona di tubuh suspect positif atau negatif.

Orang-orang dalam ketiga kategori di atas harus melakukan karantina selama 14 hari, baik di rumah sakit maupun self-quarantine di rumah.

Kemudian ada juga istilah-istilah berikut:

4. Physical Distancing dan Social Distancing

Physical Distancing erupakan istilah baru yang ditetapkan World Health Organization (WHO) untuk mengubah penerapan social distancing menjadi physical distancing. Physical Distancing artinya menjaga jarak fisik antara satu sama lain, sedangkan social distancing lebih kepada menjaga aktivitas sosial pribadi masing-masing sementara hingga pandemi berakhir

5. OTG (Orang Tanpa Gejala)

yaitu orang yang tidak memiliki gejala namun memiliki resiko terjangkit atau tertular dari orang yang positif Corona. Karena bisa saja seseorang telah terjangkit virus, namun tidak ada gejalanya.

6. ADP (Alat Pelindung Diri)

Akhir-akhir ini banyak bermunculan penggalangan dana dan donasi APD ke rumah sakit-rumah sakit rujukan Corona. APD adalah kebutuhan yang krusial selain masker, karena merupakan perlengkapan luar tubuh yang digunakan tenaga medis dalam menangani pasien Corona.

7. Pandemi

Isu Corona kini telah ditetapkan sebagai pandemi. Pandemi adalah epidemi yang menyebar luas dan berdampak pada berbagai negara di dunia secara simlutan atau berkelanjutan.

8. Local Transmission

Adalah kasus penyebaran virus yang terjadi di daerah tempat tinggal pasien.

 

Tebsholic dapat menghubungi hotline 119 ext.9 untuk petunjuk lebih lanjut ketika merasakan gejala dan butuh penanganan Corona. 

Stay safe and healthy!