Decluttering Part 2: Jangan Semua Barang yang Dibuang!

Lanjutan Decluttering Part 1 di artikel Tebs sebelumnya nih Tebsholic, walau kamu memang berniat membuang barang jadul yang sudah tidak terpakai, namun ada beberapa barang yang sebaiknya jangan kamu buang loh, nanti menyesal! Apa saja sih? Nih Tebs kutip dari realsimple.com!

1. Foto-foto jadul

Yang jadul hanya fotonya, tapi kenangan di dalamnya kan bisa diingat terus setiap hari kalau kamu simpan fotonya!

2. Peralatan dapur dan peralatan makan

Walaupun kamu pasti punya beberapa jenis sendok sayur, beberapa jenis sendok makan hingga beberapa jenis pisau dapur, ada baiknya untuk tidak dibuang, tapi disimpan dulu saja sebagai cadangan di kotak terpisah. Kalau memang tidak terpakai, bisa disumbangkan, kalau suatu saat peralatan dapurmu patah/rusak, bisa digunakan!

3. Warisan peninggalan keluarga

Biasanya dalam suatu keluarga terdapat peninggalan turun temurun yang disebut warisan leluhur. Warisan ini, baik kamu pakai atau tidak, tentu menyimpan nilai sejarah, budaya, hingga makna tersendiri dalam keluarga. Namun jika memang keluargamu setuju untuk membuangnya, yaa baru deh, kamu buang!

4. Barang elektronik

Sebenarnya barang elektronik yang sudah tidak terpakai atau versinya lama memang harus dibuang. Namun, ada baiknya sebelum dibuang atau dijual, simpan dan pindahkan dahulu data-data pribadi kamu dalam barang elektronik tersebut agar tidak disalahgunakan orang lain yaa!

5. Dokumen penting

Tentu saja kalau sudah disebut "penting", tidak mungkin kamu buang, kan? Tapi yang dimaksud di sini adalah dokumen penting ini jangan sampai hilang atau terbuang yaa!

6. Koleksi

Beberapa orang gemar mengoleksi barang-barang tertentu, mungkin karena suka, atau karena memiliki makna tersendiri bagi sang kolektor. Jadi tentu saja koleksi-koleksi ini jangan dibuang semua! Pilah saja, jika sudah kotor dan tidak bisa dibersihkan berarti harus dibuang, tapi yang masih bagus, ya pajang dong!

7. Peralatan darurat

Jika berbicara tentang perlengkapan darurat tentu harus selalu tersedia di rumah masing-masing, dalam jumlah barang yang wajar. Seperti first aid kit, baterai cadangan, senter cadangan dan sebagainya.