5 Film Karya Indonesia yang Mendunia

Tebsholic, tahun 1999 Dewan Film Nasional netapin setiap 30 Maret sebagai Hari Film Nasional loh. Keputusan ini disahin melalui Keppres Nomor 25 tahun 1999 oleh Presiden RI, BJ Habibie yang saat itu lagi menjabat. 
 “100 Tahun Usmar Ismail” diangkat jadi tema dalam peringatan Hari Film Nasional tahun 2021. Hal ini ditujukan sebagai bentuk penghormatan untuk Usmar Ismail sebagai bapak perfilman Indonesia. Nah sekarang ada beberapa film yang berhasil tayang di luar negeri. Bahkan ada juga yang sampe masuk festival loh.

1. Pasir Berbisik

Film ini berkisah tentang seorang gadis bernama Daya yang tinggal di sebuah perkampungan miskin. Berlian. Film yang dibintangi oleh aktris beken Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim ini berhasil meraih banyak perhargaan perfilman kelas dunia seperti Best Cinematography Award, Best Sound Award dan Jury’s Special Award for Most Promising Director di Festival Film Asia Pacific 2001, Festival Film Asiatique Deauville 2002, serta Artis Wanita Terbaik pada Festival Film Antar Bangsa Singapura ke-15 dan Festival Film Asiatique Deauville 2002.

2. Modus Anomali

Selanjutnya ada film bergenre Thriller karya Joko Anwar. Film ini dibintangi oleh Rio Dewanto dan bercerita tentang seorang laki-laki yang sedang berlibur dengan keluarganya di sebuah kabin di hutan. Namun mereka malah dikejutkan sama kedatangan tamu yang ga diundang. Film berbahasa Inggris ini emang ditujukan untuk pasar Internasional Tebsholic. Film ini dapet banyak respon positif dan berhasil ditayangkan di beberapa festival film di luar negeri seperti South By Southwest (SXSW) dan Bucheon Awards di Korea Selatan.

3. Pintu Terlarang

Tebsholic, lagi-lagi Film besutan Joko Anwar berhasil mencuri perhatian dunia hn. Film yang dibintangi oleh Fachri Albar ini berkisah tentang pematung sukses bernama Gambir yang punya rahasia kelam. Lewat film ini, Joko Anwar berhasil menyabet penghargaan Film Terbaik di Puchon International Fantastic Film Festival. Selain itu ia mendapat nominasi untuk Piala Golden Kinnaree di Bangkok loh.

4. Rumah Dara

Next, ada film karya Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel nih. Film yang berkisah tentang 6 orang sahabat yang terjebak di rumah seorang Ibu bernama Dara ini memiliki genre thriller. Rumah Dara  berhasil diputar di beberapa festival kelas dunia seperti Puchon International Fantastic Film Festival dan Fantastic Fest di Amerika Serikat. Film ini juga dirilis diluar negeri seperti Amerika, Jepang, Belanda hingga Swedia.

5. The Raid & The Raid 2

Siapa sih yang ga tahu The Raid? Film yang dibintangi oleh Iko Uwais dkk ini berhasil bikin gempar dunia perfilman Indonesia setelah berhasil tayang diberbagai festival film dunia. Jalan cerita yang keren serta koregrafi yang apik bikin film ini berhasil mencuri perhatian dunia. Film ini berhasil dirilis di pasar Internasional dan mendapatkan review positif dari berbagai media luar.