Metaverse Alternatif Untuk Pernikahan Di Masa Pandemi

Setelah diresmikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2021 kemarin, metaverse mulai digunakan untuk beberapa hal dalam bentuk virtual. Salah satunya adalah perkawinan dengan metaverse.

 

Dua penduduk India jadi pasangan pertama di dunia yang menggelar pernikahan di metaverse.

Keduanya memilih dunia virtual tersebut sebagai lokasi gelaran resepsi pernikahan mereka lantaran pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan mereka untuk menggelar prosesi tersebut di dunia nyata.

Pasangan tersebut bernama Dinesh Sivakumar Padmavathi dan Janaganandhini Ramaswamy.

Keduanya menggelar pernikahan secara virtual di metaverse dengan tamu undangan resepsi sebanyak 2 ribu orang bulan depan.

“Karena pandemi, resepsi nyata tidak mungkin dilakukan dengan menghadirkan banyak orang,” ujar Padmavathi.

“Karena itu, kami memutuskan untuk menggelar acara tersebut di metaverse.” 

Pasangan yang juga penggemar Harry Potter tersebut juga mengusung tema “Potterheads,” dimana pengantin akan tampil dengn kostum dan atribut a la Hogwarts.

Sang pengantin pria memang dikenal sebagai pecinta cryptocurrency. Karena itu, ia mampu menciptakan ruang digital yang terinspirasi dari sekolah Hogwarts tersebut.

Resepsi pernikahan ini akan berlangsung selama satu jam. Para tamu nantinya bisa menjelajahi kastil dan mengubah tampilan avatar mereka sesuai yang mereka inginkan.

Menurut sang pengantin pria, seluruh proses desain, development dan pengadaan acara ini memakan biaya 150,000 rupee atau sekitar Rp28,7 juta.