Fakta Menarik Grammy Awards 2022, Olivia Rodrigo Memenangkan 4 Nominasi

Ajang Grammy Awards kembali digelar setelah tertunda karena pandemi virus corona. Tapi tau ga sih, kalau ada beberapa kejadian menarik selama ajang penghargaan musik tahunan tersebut.

Acara penghargaan musik terbesar itu berlangsung di MGM Grand Arena, Las Vegas, Amerika Serikat. Grammy Awards ke 64 tersebut diramaikan oleh sederet artis dunia seperti Billie Eilish, Lil Nas X, hingga Olivia Rodrigo. 

Lantas, apakah fakta Menarik dari acara Grammy Awards tahun 2022 ini? Simak selengkapnya disini. 

 

1. Voters wajib pendengar setia

Tahun ini, ada sekitar 22.000 lagu dan album yang diajukan untuk dinominasikan. Daftar pendek yang sebelumnya terbagi menjadi 8 kategori pun diperluas menjadi 10 kategori. 

Menurut CEO Recording Academy, Harvey Mason, Jr, ada lebih dari 60.000 lagu perhari dirilis. Hal tersebut membuat lebih banyak keunggulan untuk dikenali dan dirayakan.

 

2. Olivia Rodrigo masuk nominasi teratas 

Olivia Rodrigo berhasil masuk di empat kategori nominasi teratas. Penyanyi 19 tahun tersebut otomatis memiliki peluang bagus untuk menyabet keempat kategori tersebut. 

Masuk daftar artis pendatang baru terbaik, Album debutnya bersaing dengan karya musisi sekelas Jon Batiste, Kanye West, dan H.E.R. 

 

3. Lagu lawas masuk jajaran nominasi

Satu lagi fakta Menarik di Grammy Awards 2022 adalah masuknya lagu lawas ke dalam nominasi. Bersama dengan 9 lagu lainnya, lagu I Get A Kick Out of You milik Cole Porter berhasil mencuri perhatian. 

Lagu tersebut kembali melejit setelah dicover oleh Lady Gaga dan Tony Bennett.  Nominasi record of the year tersebut memang telah menjadi tradisi  Grammy guna menghargai para musisi lawas berbakat. 

 

4. Kanye West diboikot

Tingkah laku Kanye West di media sosial merupakan penyebab pemboikotannya di Grammy Awards tahun ini. Padahal tahun ini mantan Kim Kardashian tersebut masuk 5 nominasi, termasuk album 'Donda' miliknya. 

Ujaran kebencian yang berikannya pada pacar Kim,  Pete Davidson membuatnya tak dapat hadir di ajang penghargaan musik  bergengsi tersebut.

 

5. Grammy diboikot sederet musisi

Kebalikannya, sederet artis berikut justru memboikot Grammy. Alasannya pun beragam, contohnya Drake yang memang sudah lama menjadi kritikus acara penghargaan musik tersebut.

Sementara alasan The Weeknd enggan bergabung lantaran album fenomenal mereka tidak ada satupun yang masuk nominasi. Karena hal tersebut, beberapa penyanyi yang berduet dengan The Weeknd pun ikut menarik diri dalam ajang musik bergengsi tersebut. 

6. Persembahan spesial untuk Stephen Sondheim dan Taylor Hawkins

Selain acara penghargaan musik populer, Grammy juga identik dengan acara penghormatan. Kali ini penghormatan tersebut ditujukan untuk Stephen Sondheim dan Taylor Hawkins. Selain itu, Billie Eillish juga membuat tribut dengan menggunakan kaos bergambar Taylor Hawkins saat menyanyikan Happier Than Ever.

 

7. Aksi BTS 

Kurang lengkap rasanya jika membicarakan Grammy tanpa artis K-Pop Satu ini. Yup, BTS ikut memeriahkan malah penghargaan tersebut dengan lagu andalan mereka Butter. Boy group asal Korea Selatan tersebut akhirnya dapat tampil live setelah tahun sebelumnya hanya tamp online. 

Salah satu member BTS, V pun membuat penonton histeris berkat aksinya membisikkan sesuatu pada Olivia Rodrigo saat mengawali penampilan mereka.