Tips Ampuh Membuat Suara Merdu

Memiliki suara yang merdu adalah dambaan banyak orang, terutama jika Anda sangat hobi menyanyi. Suara yang merdu dapat digunakan sekadar untuk bersenang-senang di ruangan karaoke bersama teman-teman atau sebagai alat mencapai mimpi dan karir sebagai penyanyi profesional.

 

Namun sayangnya tidak semua orang terlahir dengan suara yang merdu dan indah. Banyak pemilik suara yang bisa dikatakan pas-pasan mencari cara alternatif agar tetap bisa mencapai tujuan untuk memiliki suara yang indah. Untuk itu, banyak orang yang lalu mencari tahu bagaimana cara membuat suara merdu yang ampuh.

 

Beberapa cara membuat suara merdu dapat dilakukan dengan sederhana dan mudah di rumah, seperti misalnya rajin melakukan pemanasan suara dan minum banyak air putih agar pita suara tetap terhidrasi.

 

1. Lakukan Pemanasan

4 Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga : Okezone Lifestyle

Cara membuat suara merdu yang pertama adalah rutin melakukan pemanasan suara sendiri di rumah atau kapanpun Anda sempat sebelum bernyanyi. Sangat penting bagi Anda untuk menghangatkan suara sebelum bernyanyi, dan terdapat berbagai jenis latihan pemanasan yang sesuai untuk semua usia, rentang vokal, dan tingkat pengalaman.

 

Usahakan untuk selalu melakukan pemanasan suara setelah terlebih dahulu menghangatkan otot wajah. Kendurkan bibir dan otot rahang dengan meniup bibir, julurkan lidah sejauh mungkin, pijat wajah Anda dan lakukan humming.

 

Jangan takut untuk mengeluarkan suara saat pemanasan. Biarkan suara Anda mengembara ke atas dan ke bawah jangkauannya. Kemudian lanjutkan dengan bersenandung, atau lakukan gerakan menggulung bibir atau menggoyang lidah dengan lembut.

 

Hanya setelah Anda merasa wajah, mulut, dan suara mengendur, barulah mulai menyanyikan nada yang sebenarnya. Seluruh proses pemanasan ini biasanya akan memakan waktu antara 10 dan 20 menit.

 

Setelah pelajaran, audisi, atau penampilan Anda selesai, luangkan waktu untuk menenangkan diri. Meskipun pendinginan sering dihilangkan dari daftar kiat kesehatan vokal, ini adalah cara yang sangat sederhana untuk mendukung kesehatan vokal bagi penyanyi. Sigh dengan nada menurun. Menguap, mengangkat langit-langit lunak dan melepaskan ketegangan yang menumpuk.

 

2. Perbanyak Minum Air Putih

Jangan Sepelekan! Ini 14 Manfaat Minum Air Putih yang Cukup, Termasuk  Menurunkan Berat Badan - Tribunnews.com Mobile

Cara membuat suara merdu yang kedua adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih agar tubuh dan pita suara tetap terhidrasi. Air putih adalah salah satu minuman terbaik untuk menjaga dan membuat suara agar enak didengar. Selain air putih, Anda juga bisa meminum teh herbal hangat sebagai alternatif kedua untuk menghidrasi pita suara.

 

Minumlah air putih sepanjang hari, dan sediakan sebotol air di dekat Anda selama beraktivitas dan latihan. Pita suara akan bekerja dengan maksimal jika terlumasi dengan baik, dan itu berarti Anda juga harus menjaga seluruh tubuh secara keseluruhan agar tetap terhidrasi.

 

Tidak ada cara lain untuk melembapkan pita suara yang kering secara langsung. Namun, pita suara yang kering dengan cepat menjadi iritasi pita suara, dan hal inilah yang akan merusak suara. Untuk itu, semakin banyak air yang diminum maka suara Anda akan semakin baik dan  merdu.

 

3. Istirahatkan Suara

10 Cara Mengatasi Suara Hilang karena Radang Tenggorokan - Ragam Bola.com

Cara membuat suara merdu yang ketiga adalah dengan mengistirahatkan suara Anda sesekali. Sama halnya dengan berolahraga, melatih suara agar tetap merdu juga membutuhkan istirahat di sela-sela latihannya. Suara lelah, seperti tubuh yang lelah, lebih rentan mengalami cedera. Jika Anda sakit atau alergi Anda kambuh, luangkan waktu untuk mengistirahatkan suara sejenak.

 

Ini artinya Anda tidak boleh berbicara, bernyanyi, dan bahkan berbisik karena dapat berakibat buruk bagi pita suara Anda. Suara lelah membutuhkan waktu untuk beregenerasi, jadi semakin lama Anda mengistirahatkannya, akan semakin baik hasilnya. Istirahat vokal memberi waktu pita suara halus untuk memulihkan dan menyembuhkan diri.

 

4. Hindari Zat-Zat Berbahaya

Hati-hati Bahaya Junk Food, Obesitas hingga Kanker dan Stroke - ruber.id

Cara membuat suara merdu yang ke empat adalah dengan menghindari zat-zat berbahaya yang dapat merusak suara Anda. Merokok adalah cara tercepat untuk merusak suara secara permanen. Untuk itu, jangan coba melakukannya jika Anda ingin memiliki suara yang merdu.

 

Saat menghirup asap, pada dasarnya Anda memandikan pita suara dengan racun. Segala sesuatu yang Anda hirup seperti polutan, setiap bintik serbuk sari, dan setiap partikel debu akan melewati pita suara dan mengeringkannya serta membuatnya iritasi.

 

Alkohol mungkin tidak langsung memiliki efek merusak. Tetapi, alkohol menyebabkan dehidrasi dan peradangan. Dan kandungan gula yang tinggi pada kebanyakan minuman juga berdampak buruk bagi suara. Jika kesehatan vokal penting bagi Anda, lihat kembali cara kedua yang telah disebutkan tadi yakni, perbanyak minum air putih saja.

 

5. Jangan Bernyanyi Dengan Tenggorokan

Kamu Suka Bernyanyi? 10 Tips Ini Bikin Suaramu Semakin Bagus Tanpa Fals  saat Menyanyi

Cara membuat suara merdu yang kelima adalah dengan menghindari bernyanyi menggunakan suara yang berasal dari tenggorokan. Terlepas dari semua pembicaraan tentang pita suara yang sehat, pita suara hanyalah satu bagian dari sistem kompleks yang menghasilkan suara merdu.

 

Untuk bernyanyi dengan baik sekaligus menjaga kesehatan vokal, Anda perlu memahami tubuh dan mengetahui dari mana suara berasal. Anda tidak boleh menyanyi dari tenggorokan, karena kekuatan di balik suara tenggorokan adalah napas, dan napas harus didukung oleh diafragma.

 

Bernyanyilah dari inti tubuh. Biarkan pita suara Anda rileks, dan biarkan suara beresonasi di dada, faring, dan wajah. Jangan khawatir jika cara ini sekilas nampak tidak masuk akal. Karena memang membutuhkan waktu untuk melatih tubuh mendukung suara, meskipun Anda dapat mempercepat prosesnya dengan bekerja sama dengan pelatih vokal.

Kalo udah bagus suaranya yuk ikutan Tebs Singing Online Competition dan menangkan total hadiah puluhan juta rupiah.