Legenda Sepak Bola Pele Meninggal Dunia

Pele meninggal dunia. Legenda Brasil itu menghembuskan napas terakhirnya di usia 82 tahun.

Dilansir Sky News, kabar duka ini disampaikan agennya. Kepada AP, Pele dinyatakan tutup usia di Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo, Brasil, Jumat (30/12/2022) dini hari WIB.

 

Pele memang sebelumnya dirawat intensif di rumah sakit sejak sebelum Natal. Ia tengah berjuang sembuh dari kanker kolon, yang diidapnya sejak September 2021.

 

Pele, yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento, adalah salah satu pesepakbola terbaik sepanjang sejarah. Ia menjadi satu-satunya yang bisa memenangkan tiga gelar juara Piala Dunia, pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

 

Pele punya catatan 97 caps untuk Timnas Brasil. Sebanyak 77 gol ia lesakkan untuk Selecao.

 

Sementara di level klub, Pele membela Santos dan New York Cosmos. Ia bisa membuat 757 gol, meski Santos mengklaim sang legenda sudah mencetak lebih dari 1000 gol.

 

Pemain yang sukses membawa Brasil juara Piala Dunia tiga kali itu dikabarkan memiliki riwayat penyakit jantung dan ginjal.

 

Pele juga sempat menjalani pengangkatan tumor dari usus besarnya pada September 2021.

 

Kemudian pada Rabu (28/12) lalu rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo, tempat Pele dirawat, menyatakan penyakit kanker usus besarnya menunjukkan perkembangan positif, hanya saja dia membutuhkan perawatan lebih intensif untuk mengobati gagal ginjal dan jantung.

 

Namun Pele dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit tersebut pada Kamis (29/12) waktu setempat.

 

Pele dikenal luas sebagai salah satu pesepak bola paling berbakat di dunia. Dia berhasil membawa Brasil juara Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970.

 

Dia juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Brasil dengan torehan 77 gol dalam 92 pertandingan.

 

Sementara itu lewat akun Instagram Pele disampaikan pesan menyentuh kepada seluruh fans yang merasa kehilangan sang legenda.

 

"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan 'Raja' Pele, yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, melakukan kerja sosial di seluruh dunia dan menyebarkan apa yang paling dia yakini sebagai obat untuk semua masalah kita yaitu cinta," tulis Instagram Pele.

 

"Pesannya hari ini menjadi warisan bagi generasi mendatang. Cinta, cinta dan cinta, selamanya," tulis Instagram Pele menambahkan.

Rest In Love Pele.