Seniman Asal Indonesia Daur Ulang Keyboard Bekas Jadi Barang Fashion

Ada yang beda dari karya seni buatan seniman asal Indonesia ini. Ia adalah Alfaz, pria kelahiran Sukabumi, Jawa Barat yang berhasil membuat benda serbaguna dan unik.

Jika pada umumnya kita melihat barang fashion seperti sepatu, tas, sandal, atau topi dibuat dari bahan karet yang dipadukan dengan kain.

Seniman yang hobi bermain skate, foto, dan design grafis itu membuatnya dari keyboard bekas yang didaur ulang.

“Halo, nama gua Alfaz. Gua lahir di Sukabumi dan SMP pindah Bogor,” tulisnya seperti dikutip inNalar.com dari akun Instagram @skatesuckers pada Rabu (08/02/2023).

Disebutkan, sebelum menekuni keyboard art, Alfaz pernah melukis. Sampai akhirnya ia menemukan sebuah inovasi untuk membuat suatu karya dari papan ketik bekas dan konsisten melakukan hal itu.

Gua seneng art juga, kaya dulu pernah sebelum ke art yang sekarang gua kerjain (keyboard) ini, gua pernah ngelukis juga dulu cuma nyoba doang sih asik juga ngelukis,” tulisnya lagi.

Alfaz memulai seni keyboard-nya melalui proses trial and error yang cukup panjang mulai dari menggunakan tuts dari papan tuts bekas hingga yang baru.

Media untuk menuangkan keyboard art-nya pun semakin beragam mulai dari sepatu, sandal, sarung tangan, topi, hingga topeng.

Usahanya dalam membuat karya pun berhasil menarik perhatian pecinta seni mancanegara, akun-akun sosial media luar negeri memberikan apresiasi hingga ke beberapa media yang cukup besar.

“Yang bikin booming waktu itu HIGHNOBIETY. Dari situ jadi kesebar ke 9GAG sampai HYBEAST Korea baru ke media lokal,” tulis seniman itu lagi.

Alfaz sendiri tidak menyangka jika usahanya bakal mendapat apresiasi yang luar biasa. Tidak hanya dari brand internasional, tapi juga brand lokal. Adapun brand lokal pertama yang mengajaknya berkolaborasi adalah Beaztieboyz.

Kini Beaztieboyz dijadikan sebagai media kampanye yang didedikasikan kepada individu kreatif yang telah berkarya sesuai bakat mereka.

Nama Beaztieboyz sendiri terinspirasi dari sebuah grup musik hip hop asal kota New York “Beastie Boys” yang mengawali debut musiknya sebagai band hardcore punk.

Perjalanan serta kemunculan grup musik “Beastie Boys” yang unik, dan berbeda namun bisa disambut baik bahkan bisa membuat sejarah tersendiri di skena hip hop itulah yang menjadi dasar dari semangat kampanye Bestieboyz.